Kamis, 08 Maret 2012

AALI vs LSIP

Hari ini kita akan coba membahas sedikit dari emiten yang masuk pada keluarga sehat bahagia yang sangat layak untuk dijadikan mantu, karena baru ada 2 emiten besar yang mengeluarkan laporan keuangan full year 2012, kita bahas dulu yang ada.


Gak ada yang istimewa dari neraca emiten yang satu ini, seperti sedikit komen dibagian Astra Group kemarin. Growth yang cukup kecil untuk ukuran sektor komoditas dan PE yang cukup tinggi dibanding para pesaingnya.


Jika kita lihat neraca di atas sangat sangat mirip dengan KLBF sangat sangat sempurna dimana liabilities terus menurun dengan aset, ekuitas yang terus naik, kemudian kenaikan bertingkat mulai dari revenue, operating profit dan net profit. Tapi saya tidak akan terlalu banyak membahas neraca emiten ini, saya akan lebih fokus kepada PE.

Dengan growth yang cukup tinggi, jika dibandingkan PE dari pesaing terdekatnya AALI, PE dari LSIP ini cukup rendah yaitu 11x, malah pernah sampai 7x tetapi tidak banyak Investor yang melirik karena terlalu takut dengan sektor komoditas pada tahun lalu.

Melihat perbedaan PE yang cukup signifikan antara kedua emiten di atas. Pertanyaannya kira-kira siapa yang akan diadjust oleh market, Apakah AALI yang ditarik ke bawah menuju PE 11x atau malah LSIP yang akan ditarik ke bawah menuju PE 14x. Saya sih lebih suka LSIP yang ditarik ke atas menuju PE 14x yaitu di 3400, sangat kebetulan harga wajar emiten ini memang berada didekat angka tersebut ^_^.

Mau yang lebih kecil ??? Kita tunggu TBLA bagaimana : ))

Salam
Datok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar